Kamis, 27 November 2014

keep the spirit of JUPITERs

17 nov 2014

hari ini saya terbang 2x, mengajar siswa dan profesiensi KT-1B Woong Bee, actually tidak ada yg istimewa dari penerbangan hari ini, hanya saja salah satu siswa saya melaksanakan preparation menjelang check flight atau ujian akhir lah dari fase instrument flight yang sudah beberapa kali diajarkan dan dipraktekkan.

start engine, taxi out dan take off berjalan lancar sampai saya memasuki area 24M yang berbatasan dengan sungai progo, wates dan pantai selatan. exercises juga berjalan sesuai dengan step-stepnya sampai tiba saatnya saya harus kembali ke home base.

too bad, cuaca makin tidak bersahabat... jarum ADF sudah sejajar dengan arah pesawat dan mengarah ke landasan, tapi sesaat saya melihat ke depan, bentangan sang musuh bebuyutan (awan CB) makin besar dan melebarkan tubuhnya. sesaat saya coba untuk menerobos awan CB di depan, semakin mendekati goncangan semakin kuat, padahal pesawat ini belum masuk ke dalam awan. 

aaahhh, pikiran saya berkecamuk, satu sisi saya adalah instruktur penerbang, pilot paling jago lah kata orang hahahaha masa takut sama awan begituan???, tapi sisi lain diri saya bilang ini pembelajaran, dan pembelajaran bukan berarti harus jago, harus serba bisa, tapi bagaimana kita menimbang segala resiko yang ada sebelum kita mengambil suatu keputusan DENGAN CEPAT... 

fine... "siswa, i have control, biar saya yg pegang" seru saya sambil membalikkan arah pesawat menuju area sambil menghindari kumpulan CB yg terus menyergap sembari kontak ATC untuk request radar vectoring for ILS approach runway 09. akhirnya setelah perjuangan keras menembus CB yg lebih tipis, pesawatpun mendarat dengan selamat di landas pacu lanud adisutjipto. setelah selesai melaksanakan procedure shut down engine, saya ajak siswa saya utk debrief singkat, cukup beritahukan kesalahannya, kasih solusi utk perbaiki kesalahan dan siapkan diri utk check flight keesokan harinya.

18 nov 2014

hari ini saya duty SOF which is mean no flight, mungkin juga seterusnya, toh sprinlak utk menempati jabatan baru di Lanud Supadio juga sdh keluar, tinggal menunggu waktu keberangkatan saja. kesibukan memonitor seluruh penerbangan membuat saya lupa klo hari ini ada salah satu siswa saya yg sedang check flight sampai akhirnya ada bbm masuk dari duty sekbang  yg mengabarkan bahwa siswa saya lulus check. 

ada rasa bangga dan haru yg menyergap hati, saya punya siswa dan dia lulus check... memang bukan berarti saya instruktur yg jago atau pintar, bahkan siswa saya juga termasuk yg bagus skillnya, mgkn saya juga belum mumpuni utk jadi instruktur yang qualified, tapi di samping itu semua, saya bangga menjadi instruktur, saya bangga punya siswa, dan tidak ada yg lebih membanggakan lagi selain melihat mereka berdiri di lapangan jupiter menunggu ayah & ibunda atau keluarga menghampiri untuk menyematkan wing penerbang di dada kiri mereka...


keep the spirit of Jupiters
J-806



Tidak ada komentar:

Posting Komentar