Minggu, 14 Desember 2014

Minggu pagi di Khatulistiwa

04.30 wib, handphone  gw mulai berteriak pake nada dering khusus alarm yg smp sekarang gw msh gaptek gimana cara ganti pake lagu yg lembut, gw bergegas bangun, ambil wudhu dan shalat subuh. Alhamdulillahi badan terasa agak segar mgkn krn semalam gw tidur lebih awal, jam 8 malem dah ikut kereta pertama ke alam mimpi hahahaha.

Well, planning kegiatan pagi di minggu yg cerah ini, gw mo olahraga di stadion kota, cari alamat bengkel vespa terdekat dan ke tugu khatulistiwa sekedar pengen tau kayak apa bangunannya. Setelah ganti celana plus pake sepatu gw berangkat pake vespa kesayangan gw lewat jalan yg sebetulnya gw belum hapal benar, yaaah hitung2 sekalian ngapalin jalan. Ternyata banyak kegiatan di kota pontianak ini yg cukup menarik perhatian gw walaupun sebenarnya ga jauh beda sama kota2 besar pada umumnya;

Toll Kapuas, klo ada org pontianak bilang "toll" jangan kalian bayangkan jalan bebas hambatan yg lebarnya bisa buat parkir ratusan mobil, yang namanya toll di pontianak itu adalah sebuah jembatan penyeberangan yang melintas di atas sungai kapuas, menghubungkan pusat kota dengan daerah pontianak barat sampai ke siantan. Kenapa dinamakan toll, krn pada awal pengoperasiaannya jembatan ini memungut bayaran bagi pengendara yg mau menyeberang dengan membayar Rp150 bagi kendaraan roda 2 dan Rp 250 utk kendaraan roda 4. Saat ini toll tersebut dah ga memungut bayaran, entah mungkin karena sudah balik modal atau bahkan mendapat keuntungan hahahaha. Melintas di jembatan ini apalagi di pagi hari ternyata cukup menarik, bukan hanya kita dapat melihat lalu lalang kapal motor ataupun perahu nelayan, tetapi juga aktivitas masyarakat di pinggirannya yang terdiri dari bermacam etnis tetapi tetap rukun dan saling membantu. Jujur baru di pontianak gw liat ada salah satu etnis yg punya rumah dan melakukan aktivitas harian di pinggiran sungai, tanpa ada niat jelek tapi itulah kenyataan hidup.

Pasar Mawar, namanya aja mawar tapi menurut gw belum seindah mawar, tapi gw yakin dengan sedikit penataan dan rasa saling memiliki dr seluruh pemilik kios, pasar ini ga akan berantakan kyk sekarang, dan konsumen akan lebih nyaman berbelanja di sana.

Stadion, mgkn sama seperti senayan atau mandala krida di jogja, hari minggu begitu banyak masyarakat yg memanfaatkan tempat ini utk berolahraga, wisata kuliner bahkan untuk cuci mata dan mencari jodoh hahahahahaha

Bengkel vespa, kalo yg ini tempat favorit gw hahahahaha, bisa sharing dan mencari tau ilmu yg berguna buat ngerawat satu2nya harta berharga gw yg klo sampe gw jual, gw ga tau bisa beli lagi apa ga.

Tugu Khatulistiwa, terletak di pinggiran kota pontianak, menyeberangi dua sungai dan menyusuri jalan di pinggir pelabuhan sungai, terletak di sudut tikungan jalan menuju siantan. Terlihat biasa dan tampak sederhana, mgkn karena gw kesana masih pagi sehingga blm ada aktivitas pariwisata apapun, hanya beberapa tunawisma yg baru bangun dan membereskan "tempat tidur"nya.

Kembali ke rumah, melewati jalan lain sekedar blusukan mencari tahu seperti apa masyarakat pontianak pada umumnya, ada yg lagi kerja bakti, ada juga yg sibuk berbelanja, menemani anak bermain, utak atik motor, tapi ada satu yg menarik sekaligus mengejutkan gw...
Nenek nenek dengan asyiknya ngupil sambil duduk di teras rumahnya, ga peduli banyak org lalu lalang sambil melihat, beliau tetap cuek ngupil... Sesaat gw jadi ingat peristiwa ttg upil yg sampe sekarang klo dibahas pasti akan berbuah tampolan hahahaha (piss buat yg ngerasa).

Well, vespa gw pun mendarat dengan selamat di rumah, tepat jam 9.45 wib dengan banyak pembelajaran yg gw dapat pagi ini, untuk lebih memperkaya diri dan menjadi pribadi yg lebih baik lagi...

Love, Ride, Fly... It's a real life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar